SOSIAL MEDIA PENTING?

Setidaknya itu pertanyaan paling mendasar ketika seseorang memutuskan untuk mulai memasuki strategi manajemen sosial media. Tim Krona Indonesia telah menyadari sedari dulu akan potensi sosial media saat ini dan di masa depan.

Sosial media berkembang begitu pesat dan hampir semua orang menggunakan situs-situs jejaring sosial atau sosial media ini. Anda tentu masih ingat dengan Friendster. Di awal kemunculannya sosial media ini sangat digemari oleh generasi muda. Mahasiswa mengakses internet dan membuka situs jejaring sosial ini untuk saling berkomunikasi dengan rekan-rekannya. Kemudian hadir Facebook dan Twitter yang hingga kini masih menjadi sosial media dengan jumlah pengguna aktif terbanyak di dunia.

Pesatnya pertumbuhan ini menjadi suatu optimisme bagi para pelaku pemasar internet atau biasa dikenal dengan istilah internet marketers, bahwa sosial media kini bukan hanya situs internet semata, namun lebih dari pada itu. Sosial media saat ini sudah menjadi ruang publik. Social Media telah menjadi salah satu strategi digital marketing yang sangat ampuh. Ratusan juta orang mengaksesnya setiap hari. Industri ini bahkan terus melahirkan inovasi-inovasi platform sosial media baru lainnya seperti Instagram, Pinterest, LinkedIn, dan Path. Pesatnya kemajuan teknologi mobile dan didukung oleh fasilitas untuk mengakses internet yang semakin mumpuni, maka semakin menjanjikan pula industri ini untuk berkembang di masa depan.

Hampir semua industri dengan berbagai brand telah memutuskan untuk juga masuk dalam ranah publik digital ini. Coba sebutkan perusahaan besar dan terkenal mana yang belum memiliki akun sosial media? Jika pun belum memiliki akun sosial media, dapat dipastikan mereka berencana untuk terjun juga dalam waktu dekat. Mengapa? Karena sosial media PENTING. Mengapa sosial media itu penting? Mari kita simak beberapa poin berikut:

1. Semua Orang Mengakses Sosial Media

Faktanya, sepanjang tahun 2012 hingga 2013 lalu, pertumbuhan pengguna aktif sosial media baik Twitter maupun Facebook yang paling signifikan adalah generasi dengan usia 35 tahun ke atas. Memang sudah menjadi “rahasia umum” jika penguasa sosial media itu adalah generasi muda. Namun, dengan adanya fakta bahwa jumlah pengguna sosial media generasi lanjut itu meningkat secara signifikan, maka dapat dipastikan sosial media akan menjadi milik semua orang.

2. Semua Orang Menyukai Branding

Fakta bahwa orang-orang lebih memilih produk dengan strategi branding yang baik adalah bukti nyatanya. Menurut penelitian sebuah institusi pemasaran, orang lebih memilih produk yang memiliki akun Facebook, ketimbang produk yang tidak memilikinya.

3. Semua Orang Lebih Mudah Terpengaruh Oleh Rekomendasi Teman Di Sosial Media

Pendapat seseorang mengenai sebuah brand akan mempengaruhi audience-nya di sosial media. Dalam istilah marketing ini disebut Word of Mouth, dan Word of Mouth now goes digital in Social Media.

Kemudian, muncul pertanyaan, apa saja fungsi yang bisa dimaksimalkan dengan menggunakan akun Sosial Media? Setidaknya ada tiga fungsi yang dapat dimaksimalkan dengan sosial media oleh setiap pelaku industri, yaitu:

  1. Sebagai media pemasaran
    Fungsi ini paling banyak digunakan oleh para pelaku industri. Pemasaran adalah salah satu jantung dari sebuah usaha atau industri. Ada banyak alasan mengapa para pemasar (marketing) memilih strategi sosial media, diantaranya adalah untuk menekan biaya pemasaran. Pelajari lebih jauh tentang optimasi sosial media.
  2. Sebagai Public Relation
    Banyak perusahaan besar dan terkenal telah memanfaatkan sosial media sebagai media publikasi secara resmi mereka. Alasan utama tentu efektivitas menjangkau masyarakat dan biaya yang tidak terlalu mahal.
  3. Sebagai Customer Service
    Terdapat begitu banyak perusahaan penyedia jasa telah memanfaatkan sosial media sebagai sarana mereka untuk melayani para pelanggannya. Alasan utamanya, lagi-lagi untuk menekan biaya.

Itu lah mengapa Sosial Media saat ini sangat berperan bagi setiap perusahaan dari berbagai jenis industri. Data dari Sprout Social Index menunjukan bahwa perkembangan sosial media di berbagai industri di seluruh dunia menunjukan angka yang signifikan.

Maka tidak ada alasan bagi setiap pelaku usaha dan pelaku industri untuk mengabaikan trend digital yang tak terbendung ini. Lebih cepat Anda memutuskan untuk juga terjun dalam trend dunia digital ini semakin baik. Jangan biarkan kompetitor Anda yang mengambil langkah lebih dulu, karena dapat dipastikan persaingan akan semakin ketat.

Source: http://www.krona.cc/blog/item/12-socialmediapenting

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1
×
Halo,
Ada yang Bisa Kami Bantu?